Pemerintah Desa Pabuaranlor Kecamatan Pabuaran Salurkan BLT-DD Tahap IV.

  • Cirebon. Centralberita.id – Sebuah apresiasi dilakukan oleh Pemerintah Desa Pabuaranlor dalam hal ini Hery Castari, dimana Pemerintah Desa Pabuaranlor saat ini mulai menyalurkan BLT Tahap ke IV kepada masyarakat, Rabu (09/09/2020).
Penyaluran BLT Tahap IV atau tiga bulan tambahan telah di atur oleh Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50 tahun 2020 tentang pengelolaan Dana Desa. Dimana untuk BLT DD yang sebelumnya hanya 3 bulan dengan total Rp.600.000 kini tambah 3 bulan dengan total penerimaan Rp.300.000.

Hery Castari selaku Pemerintah Desa Pabuaranlor mengatakan bahwa penyaluran BLT DD Tahap IV ini sudah melalui mekanisme lewat hasil rapat Musrenbang Desa yang melibatkan seluruh perangkat desa, BPD,Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

“Total Penerima Untuk BLT DD Tahap IV ini berjumlah 176 Kepala Keluarga (KK), semua itu telah terdata berdasarkan musyawarah Khusus Desa,” ungkapnya.

Dijelaskan, jumlah yang diterima saat ini tinggal Rp.300.000/Bulan selama 3 bulan, sehingga Pemerintah Desa berharap agar bantuan tersebut yang telah diberikan dapat dimanfaatkan dan bermanfaat bagi masyarakat yang masuk program BLT DD Akibat Pandemi Covid-19. Ujarnya

Penyaluran tetap mengikuti protokol kesehatan, hadir dalam penyaluran BLT DD Tahap ke IV, Camat Pabuaran, Kepala Desa (Kuwu) Pabuaranlor, Perangkat desa, Kapolsek Pabuaran, Danramil 2006/Ciledug, Tokoh masyarakat, BPD dan anggotanya, Ketua RT dan RW.

Sementara itu, Camat Pabuaran Moch Cholikussurur  berharap warga senantiasa bersyukur karena masih ada alokasi bantuan dari dana desa. Meskipun ada beberapa sumber bantuan, namun disesuaikan dengan berbagai macam persyaratan.

“Ini penyaluran yang ke 4, tapi yang pertama dengan penyaluran dengan nilai Rp 300ribu,” ungkapnya.

Ia juga berharap, warga penerima bisa memanfaatkan dana tersebut dan tidak digunakan berdasarkan keinginan dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun ia tetap mengimbau, dengan kondisi saat ini yang masih dalam situasi pandemi Covid-19 serta era adaptasi kebiasaan baru (AKB), warga harus tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. “Pakai masker, cuci tangan pake sabun, jaga jarak, itu harus dilakukan untuk mencegah Covid-19 ini. Ujarnya