Penyaluran BLT – DD Tahap IV di Desa Cibogo Kecamatan Waled Berjalan Aman dan Kondusif.

Cirebon. Centralberita.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Cibogo Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon Jawa barat saat ini mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT – DD) lanjutan tahap IV. Setelah usai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT – DD) tahap I – II dan III.

Pemdes Cibogo Kecamatan Waled yang mana pada hari ini, Sabtu (12/09/2020) mulai menyalurkan BLT – DD lanjutan tahap IV kepada 172 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), bertempat di Kantor Desa setempat, yang di hadiri Kepala desa (Kuwu) Cibogo, Ketua BPD Cibogo beserta anggota dan seluruh Perangkat Desa serta Kadus maupun Ketua RT dan RW, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Puskessos.

“Alhamdulillah pada periode sebelumnya kita telah menyalurkan BLT – DD tahap I, II dan III dan hari ini kita kembali menyalurkan BLT – DD lanjutan tahap IV kepada 172 KPM. Namun BLT – DD kali ini berbeda dari periode sebelumnya. Kalau dulu Rp. 600.000,00 per KPM, namun untuk yang lanjutan ini hanya Rp. 300.000,00 per KPM,” kata Kepala Desa (Kuwu) Cibogo Achmad Hudori.

Penyaluran BLT -DD Tahap IV atau tiga bulan tambahan jelas Achmad Hudori, telah di atur oleh Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50 tahun 2020 tentang pengelolaan Dana Desa. Dimana untuk BLT DD yang sebelumnya hanya 3 bulan dengan total Rp.600.000 ,00 kini tambah 3 bulan dengan total penerimaan Rp.300.000 ,00

Lebih lanjut dikatakan Achmad Hudori, bahwa penyaluran BLT DD Tahap IV ini sudah melalui mekanisme lewat hasil rapat Musdessus Desa yang melibatkan seluruh perangkat desa, BPD, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.”Dari total Penerima Untuk BLT – DD Tahap IV yang berjumlah 172 KPM ini semua itu telah terdata berdasarkan musyawarah Khusus Desa,” ungkap dia.

Sekretaris Desa (Sekdes) Cibogo Rina Nofianti menambahkan bahwa mengingat berdasarkan surat dari DPMD Kabupaten Cirebon yang menjelaskan kalau untuk BLT dari APBD Kabupaten Cirebon. Untuk itu pihaknya sebelum menyalurkan BLT–DD lanjutan tahap IV terlebih dahulu melakukan Musdesus untuk melakukan verifikasi, validasi dan finalisasi data.

“Mengingat ada BLT kita melakukan Musdesus sesuai petunjuk dari DPMD Kabupaten Cirebon untuk melakukan verifikasi, validasi dan finalisasi kembali data penerima BLT tersebut agar benar – benar tepat sasaran dan tidak menimbulkan gejolak di masyarakat,” ungkap Sekdes Rina Nofianti

Dia sangat mengharapkan kepada KPM, agar BLT yang telah diberikan ini dapat digunakan dengan sebaik – baiknya untuk membeli bahan sembako.”Dimasa pandemi Covid – 19 ini banyak masyarakat yang merasakan akan dampaknya, untuk itu dana yang telah di berikan ini jangan sampai dipergunakan untuk yang tidak bermanfaat,” ujar dia mengingatkan.

Sementara Ketua BPD Cibogo Ustad Hoerul Spd. M.Pd, yang turut menyaksikan penyaluran BLT tersebut sangat mengapresiasi kinerja Pemdes Cibogo yang telah sukses menyalurkan BLT – DD lanjutan ini yang berjalan aman dan kondusiif “Kita sangat apresiasi atas kinerja Pemdes Cibogo yang bekerja dengan baik demi mensukseskan BLT – DD lanjutan tahaap IV ini,” ucap dia.