Ingatkan Gerakan Memakai Masker, Operasi Yustisi Digelar Di Depan Balai Desa Waled Desa.

Cirebon. Centralberita.id – Tim Kasatgas Covid Kecamatan Waled terus galakkan kegiatan memakai masker kepada masyarakat sekitar yang terangkum dalam kegiatan Operasi Yustisi Penanganan Covid-19.
Kegiatan tersebut digelar di depan Balai Desa Waled Desa Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon mulai pukul 08.00 hingga 09.00. Yang hadir yaitu Kuwu se Kecamatan Waled Kecamatan Waled, Polsek Waled, Koramil 2008/Waled, Satpol PP Kecamatan Waled, Kasatgas Covid dan Pemerintah Desa Waled Desa ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

Mereka memberhentikan warga masyarakat yang melintas namun tidak memakai masker untuk diberikan pembinaan dan pemahan akan pentingnya memakai masker.

Kapolsek Waled AKP Nani Kusmayati SH mengatakan jika kegiatan tersebut akan terus dilakukan kepada warga masyarakat hingga tercipta kesadaran pentingnya penerapan protokol kesehatan, khususnya memakai masker.

” Kami akan terus lakukan kegiatan ini dengan melibatkan seluruh unsur yang ada sampai masyarakat betul-betul sadar dan paham tentang penerapan protokol kesehatan terutama pemakaian masker.” Kata AKP Nani Kusmayati SH.

Untuk pengendara yang melintas Jalan Dwi Sartika depan Kantor Balaidesa yang tidak pakai masker akan di hukum sanksi adalah membersihkan halaman Waled Desa. Intinya dengan kegiatan ini kami menginginkan masyarakat itu disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan terutama dalam memakai masker.” Lanjutnya.

Dalam kegiatan tersebut beberapa warga yang tidak mengenakan masker terpaksa diberhentikan dan diberikan pemahaman. Kebanyakan dari mereka adalah warga yang hendak pergi maupun pulang dari sawah.

” Saya dari sawah. Lupa tidak memakai masker. Tadi saya diminta untuk membersihkan halaman desa Waled Desa. Saya tidak marah, malah saya berterimakasih sudah diingatkan.” Kata salah seorang warga yang terjaring operasi yustisi.

Sementara itu M. Halwani selaku Kepala Desa (Kuwu) Waled Desa mengatakan jika kesadaran masyarakat untuk dapat mematuhi Protokol kesehatan terutama memakai masker masih kurang. Dan dirinya berterimakasih telah dibantu oleh Tim Kasatgas Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon melalui Operasi Yustisi, untuk mengingatkan warga.

” Tentu kami berterimakasih, operasi yustisi ini dilakukan di wilayah kami. Karena memang kesadaran masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan masih kurang. Perlu adanya cambukan lagi untuk mengingatkan.” Katanya.

Dirinya juga mengatakan jika warga masyarakat Desa Waled Desa yang dipimpinnya Alhamdulillah tidak terdapat yang terkonfirmasi positif Covid-19. Namun menurutnya hal itu yang menjadi tantangan supaya tidak terjadi penularan Covid-19 di wilayahnya.

” Alhamdulillah warga kami tidak ada yang terpapar, namun ini justru menjadi tantangan bagaimana menjadikan kondisi tetap aman seperti ini. Jadi saah satu caranya adalah dengan gencar melakukan pendekatan kepada warga tentang pentingnya memakai masker, cuci tangan dan lain sebagainya.” Lanjutnya.

Maman / Nurhari