Kepala Desa (Kuwu) Mekarsari Kecamatan Waled Salurkan BLT DD Tahap 6.

Cirebon. Centralberita.id – Guna mencapai target dalam penyaluran BLT, yang pendananya bersumber dari Dana Desa (DD) 2020. Pemerintah Desa Mekarsari Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon harus kerja ekstra.
Mengingat kondisi ekonomi masyarakat semakin merosot apalagi saat ini, Negara kita dilanda Pendemi Virus Covid- 19 sehingga perekonomian masyarakat menurun drastis.

Kepala Desa Mekarsari Kecamatan Waled Uman Jayus Nudin, saat diwawancara awak media Centralberita.id mengatakan, untuk tahap 6 ini terdata sebanyak (180) kepala keluarga (KK) di desanya yang mendapatkan BLT DD (Bantuan Langsung tunai dana desa).

Dijelaskan Kepala Desa (Kuwu), penyaluran BLT DD dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

“Penyaluran BLT-DD kita laksanakan dengan cara Simbolis,”ungkap Uman Jaya Nudin (07/10/2020).

BLT tahap 6 ini terdapat (180) KK . Pembagian Dana tahap pertama dan kedua, ketiga BLT Desa ini, dengan Rp 600 ribu , untuk tahap 6 ini diubah menjadi Rp 300 ribu per KK, karena kita patuhi sesuai peraturan desa.

“Untuk (180) KK ini, direalisasikan sesuai dengan ketentuan serta peraturan dan serta surat edaran. Dengan demikian mudah-mudahan dalam suasana pandemi covid-19, bantuan yang diterima warga tersebut dapat meringankan beban ekonomi keluarga masyaarkat, di Desa Mekarsari,”tambahnya.

Yang di hari acara pembagian BLT Tahap 6 oleh Kepala desa (Kuwu), Babinsa Koramil 2008/Waled, Bhabinkamtibmas Polsek Waled, BPD, Lembaga desa, RT, RW, Tokoh Masyarakat.

Salah seorang warga desa penerima BLT DD menyampaikan ucapan terimakasihnya. Menurut dia bantuan tersebut sangat besar dalam suasana pandemi Covid-19 saat ini.

“Kami mengucapkan terima kasih, kepada penyelenggara pemerintahan atas bantuan ini, apalagi sekarang ekonomi masyarakat sedang merosot. Bantuan ini, sangat berarti bagi keluarga kami.

Sebab diakhir- akhir seperti sekarang, sumber pendapatan warga rata-rata boleh dikatakan tidak ada sama sekali. Maka dengan adanya BLT ini terasa meringankan dan pastinya akan kami manfaatkan sebaik-baiknya,”ucap warga.

Nurhari