Musrenbangdeskel Desa Bubuk, Kecamatan Rogojampi Lancar Dan Kondusif.

Musrenbangdeskel Desa Bubuk, Kecamatan Rogojampi Lancar Dan Kondusif.

BANYUWANGI, Centralberita.id _ Musrenbangdeskel serentak di adakan di Kabupaten Banyuwangi. Seluruh Kantor Desa dan Kantor Kelurahan sangat sibuk. 189 desa dan 17 Kelurahan kompak kemarin. Seperti di salah satu Desa di Kecamatan Rogojampi, yaitu Desa Bubuk Rabu (21/10/21) juga melaksanakannya.

Dengan mengusung tema ” Kemandirian Ekonomi Melalui Penguatan SDM Dan Pariwisata ” ini di harapkan mampu menyerap aspirasi masyarakat dalam pembangunan desa dan kelurahannya.

Musrenbangdeskel Tahun ini merupakan kegiatan yang ke dua dalam tahun 2020 ini. di mana sebelumnya pernah di laksanakan pada sekitaran bulan Januari lalu.guna menampung usulan-usulan anggaran untuk pembangunan desa 2021-2022.

Adapun tujuan di laksanakan kegiatan ini, salah satunya untuk menyepakati prioritas masalah daerah yang ada di desa dan kemudian di bawa ke tingkat Musrenbang Kecamatan.

Sementara diskusi kelompok yang ada di Desa di bagi menjadi beberapa bidang, antara lain bidang Pendidikan, Kesehatan, Fisik, Pertanian dan Pelayanan Publik. Sedangkan usulan yang menjadi prioritas utama bisa di dahulu kan lewat dana Desa APBD melalui Musrenbangcam.

Sistem perencanaan pembanguna sendiri sudah di atur dalam UU No 25 Tahun 2004 dan tata cara penyusunan rencana pembangunan tertuang dalam penjelasan PP No 40 Tahun 2006.

H. Panhari, Kepala Desa Bubuk menjelaskan bahwa, ” Musrenbangdeskel di tahun ini karena situasi Covid kami mengundang hanya 50 undangan, agar supaya bisa mematuhi protokoler kesehatan, ” Jelas H. Panhari dengan tegas.

” Selain itu, dalam 18 indikator yang di terapkan ini garis besarnya Musrenbangdeskel harus menyangkut 3 aspek, harus berpihak ke masyarakat miskin, harus berpihak pada pertumbuhan ekonomi dan juga harus berpihak kepada terciptanya lapangan pekerjaan baru, ” tambah Panhari lagi. (Oni)