Masyarakat Entikong Senang, Akhirnya Gedung PLBN Terbaru Entikong Kalbar Segera Diresmikan

SANGGAU (Kalbar), Centralberita.id Akhirnya Gedung PLBN (Pos Lintas Batas Negara) Terpadu di Kalimantan Barat, tepatnya di Entikong, pada bulan November 2020 nanti akan segera diresmikan dan akan siap dioperasikan.

Dan kabar ini juga sangat memberikan kebahagian dan menggembirakan bagi masyarakat Kalimantan Barat tentunya bagi masyarakat yang berada di kawasan Entikong. Yang mana pemerintah telah melaksanakan penandatanganan Berita Acara pemanfaatan gedung dalam acara serah terima pengelolaan hasil kegiatan pengembangan sarana dan Prasarana PLBN Terpadu di Kalimantan Barat, Entikong, Aruk dan Badau, yang mana sudah diselenggarakan hari Senin (26/10/2020) di gedung serbaguna Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Adapun dari Berita Acara penandatanganan pemanfaatan gedung itu tentunya dilakukan oleh masing-masing Kepala bidang yakni dari Kepala Balai Prasarana Pemukiman wilayah Kalbar, Deva Kurniawan Rahmadi, ST, M.Sc, Kepala Bidang Pengelolaan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Victorius Dunant, SE, M.Si, Kepala Bidang Pengelolaan Pos Lintas Batas (PLBN) Agato Limat, S.Sos, Kepala Balai Besar di POM Pontianak, Mojaza Sirait, Apt. Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Kalimantan Barat, Sadtata Noor Adirahmanta, S.Hut, MT.

Selain dari acara tersebut ada juga pejabat yang hadir yang mana diantaranya para pejabat instansi vertikal yakni Kepala Prasarana Pemukiman Wilayah Kalbar, Kepala Bidang Pengelolaan PLBN Entikong, Kepala Bidang Pengelolaan PLBN Aruk, Kepala Bidang Pengelolaan PLBN Badau, Kepala Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Kalimantan Barat, Kepala Balai POM Pontianak, Pangdam XII/Tanjungpura yang diwakili oleh Letkol Inf. Alim Mustofa, Kapolres Sanggau, Wakil Bupati Sanggau, Kementerian PUPR, Kadis PUPR Kabupaten Sanggau, Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara, BNPP, Forkopimda Kabupaten Sanggau,  Camat Entikong, Danramil Entikong, Kapolsek Entikong serta Kepala CIOS PLBN Entikong.

Dalam sambutan yang sama juga oleh Drs. Robert Simbolon, MPA selaku Deputi Bidang Pengelolaan Batas Negara (BNPP) memberikan beberapa pesan melalui sambutannya.

“Diharapkan dengan diserah terimakannya sejumlah fasilitas insfrastuktur, baik yang berada di wilayah Entikong, Aruk dan Badau dapat menjadikan masukan bagi Pemerintah Daerah untuk masing masing wilayahnya, seperti PLBN Entikong ini kiranya dapat menyerap tenaga kerja dan membuahkan hasil perekonomian khususnya masyarakat yang berada di perbatasan,” ungkap Drs. Robert Simbolon, MPA.

Dijelaskan Drs. Robert Simbolon, MPA bahwa selain itu juga bisa menyedot Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemerintah Daerah Sanggau. Untuk itu diperlukan adanya kerjasama secara sinergitas bersama instansi vertikal yang berada di PLBN Entikong ini.

“Terlebih lagi dengan bapak Presiden kita begitu konsekwen terhadap perbatasan ini, yang mana PLBN Entikong sebagai Destinasi Wisata yang memiliki nilai besar, untuk itulah harus dapat segera dioperasikan dengan baik dan benar agar bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat Entikong,” tambah Drs. Robert Simbolon, MPA

Maka dari itulah kata Robert Simbolon bahwa pengoperasiannya akan segera di resmikan pada bulan November 2020 dan sudah harus di segera tempati mengingat pesan dari Presiden mohon untuk sama-sama bersinergi dalam membangun Border Town atau Pos Lintas Bantas. (F. Manurung/CB. Hutagaol)