Pemkab Mekawi Seharusnya Segera Buat Perda Terkait Harga Het LPG 3 Kilogram

MELAWI (Kalbar), Centralberita.id Kembali Forum Wartawan dan LSM Kalbar Zona Kabupaten Melawi mendesak Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi agar segera membuat Peraturan Daerah tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) LPG 3 Kilogram bersubsidi.

Jumain yang merupakan anggota FW dan LSM mengatakan masalah pemasaran LPG 3 Kg di Melawi itu perlu diatur melalui Peraturan Daerah, sebab terlalu banyak keluhan masyarakat tentang sulitnya untuk mendapatkan LPG tersebut kalaupun ada harga sudah mencapai Rp.25.000 sampai 32.000 pertabung di tingkat pengecer.

“Untuk warga dalam kota memang tidak begitu mempersoalkan berkaitan masalah harga. Namun bagi masyarakat di Pedesaan yang jaraknya cukup jauh kan kasian,” keluh Jumain Sabtu (07/11/2020).

Ditambahkan Jumain memang pihaknya sering tahu bahwa pihak agen beberapa kali mengadakan operasi pasar (OP) dengan harga Rp 18.500 namun pasca operasi, harga kembali seperti semula.

“Mengenai dugaan sulitnya untuk mendapatkan Gas 3 Kg di Pedesaan itukan aneh sebab data data penggunaan Gas 3 Kg ada di pihak pangkalan dan Agen.
Dari data tersebutlah yang menjadikan persyaratan mereka ke PERTAMINA.
Kok bisa barangnya jadi langka,” keluh Jumain.

Untuk itu Jumain berharap agar Pemerintah Daerah segera membuat payung hukum tentang Harga pendistribusian LPG 3 Kg bersubsidi segera dibahas dan di berlakukan demi tegaknya keadilan dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Melawi,” ungkap Jumain. (Supardi N/CB. Hutagaol)