Kuwu Pabuaran Lor, Bantah Adanya Pungli dan Upaya Pemalakan Dana Bantuan UMKM Rp 2,4 Juta.

Cirebon. Centralberita.id – Adanya pemberitaan pemungutan luar atau pungli dalam pencairan UMKM kepada salah seorang kuwu Pabuaran Lor, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon. Dibantah dengan tegas oleh kuwu Hery Castari kepada media cetak dan online, dalam jumpa pers di ruang kerjanya. Rabu, ((02/12/2020).

” Demi Allah, demi Rosulallah, saya tidak menerima uang seperakpun dalam pencairan dana UMKM yang diterima pedagang warga Pabuaran Lor. Sebab dana, bantuan sebesar Rp 2,4 juta sudah ditransfer langsung ke para penerimanya.” Tandasnya.

Kuwu Hery Castari juga menegaskan, khusus untuk dana UMKM ditransfer kepada pelaku usaha mikro dan kecil dulu sebesar Rp 2,4 juta. Kemudian baru meningkat secara bertahap penyalurannya hingga mencapai target 12 juta bagi penerima. Dan, perlu di ketahui oleh publik bahwa, dana bantuan modal UMKM sudah berada di perbankan, yang kemudian akan ditransfer langsung ke rekening penerima.

“Bantuan modal ini sifatnya adalah hibah, bukan pinjaman. Sehingga penerima tak perlu pusing memikirkan mengembalikan uang tersebut.” ungkapnya.

Kuwu Heri mengatakan, Jadi saya tidak menyuruh memotong apalagi menerima dana UMKM dari warga Pabuaran Lor. Ini perlu direvisi dalam pemberitaan sebagai hak jawab atas pemberitaan yang merugikan saya selaku kuwu Pabuaran Lor. jika ada yang memotong dana BPUM, segera dilaporkan ke pihak penegak hukum.

“Jika ada pihak aparat desa atau RW atau siapapun yang memotong dana BPUM, silahkan laporkan ke penegak hukum,” imbaunya.

Dia pun menyayangkan jika ada pihak yang membawa-bawa kuwu dalam hal pemotongan tersebut. Sebab dirinya, tidak ikut campur dalam pencairan BPUM, kita hanya memfasilitasi pelaku UKM untuk mengajukan ke kementerian koperasi,” Jelasnya.

Menambahkan Kuwu Hery Castari langsung turun langsung bersama awak media, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan perangkat desa mempertanyakan langsung ke warga yang penerima bantuan dari UKM dan di saksikan semuanya.

Setelah kuwu berdialog dengan warga Pabuaranlor apakah ada perangkat desa yang memotong bantuan tersebut dan warga Pabuaranlor yang bernama Rizki Fauziah Rt. 01 Rw. 14 yang berjualan jajanan anak anak menjawab tidak ada potongan dari perangkat desa.

Nurhari