Musyawarah Rencana Pembangunan Desa Di Gelar Di Desa Cissat Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon.

Cirebon. Centralberita.id – Musrenbangdes atau Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa telah dilaksanakan di desa Cisaat Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon. Musrenbangdes sebagai sarana penyaluran gagasan pembangunan dari tiap RW di wilayah Pemerintah Desa tersebut.
Musrenbangdes adalah forum musyawarah tahunan para masyarakat, pemerintah desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan dengan berpedoman kepada RPJM Desa yang merupakan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa untuk jangka waktu 6 (enam) tahun.

Pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan desa dilakukan secara partisipatif, demokratis, transparan dan akuntabel.

Karena Musrembangdes merupakan satu kewajiban yang harus dilaksanakan seluruh pemerintah desa, maka pada hari Kamis pagi, 24 Desember 2020 Pemerintah Desa Cisaat Kecamatan Waled mengadakan rapat musrenbangdes di aula kantor desa.

Sejak pagi Kepala Desa (Kuwu) Cisaat Toto Suharto. dengan ditemani oleh Sekdes, Ketua BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Pendamping Desa Dari Kecamatan.

Selain itu tampak pula para Ketua Rt/Rw, LPM, TPK, Kader Desa, Perwakilan dari Kecamatan Waled.

Kegiatan dalam hal pembangunan yang tahun 2020 terhalang adanya virus Corona (Covid 19) dan insya allah pada tahun 2021 yang belum terlaksana pada tahun 2020 akan di laksanakan tahun depan, kalau masyarakat masih ada penganjuan untuk pembangunan silakan hubungi kadus setempat. Karena untuk sebagian masyarakat berharap agar supaya bisa di masukkan dalam skala prioritas. Ujar Kepala desa (Kuwu)

Kepala desa (Kuwu) Cisaat mengatakan dihadapan seluruh para undangan rapat Musrenbangdes menyampaikan seluruh usulan-usulan akan di usahakan bisa terrealisasikan di tahun 2021 nanti.

Saat diberi waktu kepada masyarakat mengungkapkan di hadapan para pemerintah desa dan pendamping apa yang akan di usulkan untuk pembangunan di tahun 2021 beberapa dari masyarakat berharap agar supaya, rencana rencana pembangunan yang masih belum terealisasikan di tahun 2020 agar supaya di tahun 2021 nanti bisa di realisasikan harapan masyarakat.

Namun pemerintah pusat dan pemerintah daerah berharap agar supaya program yang mana dana yang ada itu digunakan untuk melaksanakan kegiatan, harus direncanakan sesuai dengan RPJMDES.

Kegiatan Musrenbangdes di laksanakan sesuai protokol kesehatan dan Menjaga jarak Pakai Masker.dan para tamu undangan datang sebelum masuk ke ruang Kantor Desa Cisaat semuanya tanpa terkecuali harus Mencuci tangan.

 

Nurhari