DesaTempuran Memperhatinkan Tiap Tahun Di Landa Banjir

CentralBerita.id – Mojokerto – Langganan Banjir potret desa yang cukup makmur juga sangat subur Tanah sawahnya,sayang tiap Tahun di Landa Banjir.
Sudah 2 hari ini dsn Tempuran dan dsn sumber pucuk Desa Tempuran kec Sooko kab Mojokerto Jatim di landa banjir yang amat parah, ini semua di sebabkan luapan air dari sungai yang tidak bisa menampung derasnya hujan mulai dini hari sampai pagi.
Apalagi di samping itu, ada peninggian Tanggul yang tidak sampai dari dsn bekucuk.

Namun sangat disayangkan kalau sungai di dsn Tempuran sudah selesai, tapi di dsn bekucuk tidak di naikan Tanggulnya.
Akibatnya airnya Langsung meluber ke sawah juga ke Rumah warga bahkan Kantor Desa Tempuran juga seperti lautan. terang Bpk Kades Tempuran Bpk Selamet.
Yang lebih parah lagi di DAM Sipon juga di bangun saringan sampah, akhirnya sampah menutupi saringan sampah dan dampaknya menimbulkan uapan air yang sangat deras .

Dengan adanya kejadian tersebut selaku Kepala desa Bpk Selamet berharap semoga lekas di naikan Tanggul dsn bekucuk mudah – mudahan dikerjkan sampai ke wilayah jombang.

Namun yang tidak kala pentingnya DAM di sipon bisa di buatkan lagi saringan sampah yang tidak menimbulkan luapan air yang bisa menggenangi Desa Tempuran. Warga Desa Tempuran juga berharap di DAM tersebut harus ada orang yang menjaga dan mengambil sampah yang menyumpat lajunya air.
Semoga untuk tahun 2021 ini di perkirakan akan ada bangunan Tanggul juga DAM Sipon yang lebih besar dari th 2020.

Berpijak anggaran pada tahun 2020 10 milyard dan kalau di tahun 2021 lebih dari 10 milyard, karena ada cor betonya.
Wakil BUPATI kab Mojokerto Gus Bara bersama tim BEKISAR juga datang, selasa 5 januari 2021. Dengan mendatangkan Bego untuk pengerukan supaya bisa mengurangi luapan dan genangan air yang sangat menganggu aktifitas warga di Desa Tempuran.
Setelah kepulangan Gus Bara dari lokasi bahkan banyak juga yg datang untuk membantu kesulitan di Desa Tempuran,turut serta Banser, Ism, Lin. dll
Kepala desa Se-kecamatan Sooko juga turut membantu sembako dan harapanya supaya bisa mengurangi beban warga Tempuran, apalagi masih dalam Pademi Covid 19,tutur Kepla desa Sambiroto Bpk M Farid.
Ketua PCNU kab mojokerto Kyai Adzim bersama pengurus lain hadir ke Tempuran , membawa sembako, juga uang Tunai yg langsung di serah terimahkan ke Kepdes Tempuran Selamet.
Kami selaku ketua PCNU jangan di lihat berapa bantuan yang kami berikan, tapi ini suatu kepedulian juga dalam memberi semangat pada Kepala Desa,terang Gus Adzim.
Bapak Selamet selaku kepala desa sangat berterima kasih pada Kyai bersama jajaranya. bantuan tersebut amat berarti bagi warga dan Desa kami.
semoga bangunan akan di laksanakan secepat mungkin, srmoga dalam waktu 4 bulan sampai 5 bulan kedepan sudah teraliasasi ungkap warga Desa Tempuran. ( Nun )