Kacabjari Entikong Minta Kasus Korupsi Penyelewengan Anggaran Dana Desa Di Desa Semongan Segera Dituntaskan

SANGGAU (Kalbar), Centralberita.id Terkait adanya dugaan penyelewengan Anggaran Dana Desa di Desa Semongan Kecamatan Noyan Kabupaten Sanggau Kalimantan barat. Kembali disampaikan 2 warga Desa semongan berinisial MKS dan SMK kepada Media/LSM pada Rabu 20 Januari 2021 sekitar pukul 13:19 WIB.

Dari hasil keterangan yang di tampung oleh media ini pada saat itu lewat wawancara langsung dengan MKS dan SKM mengatakan” penyelewengan anggaran Dana Desa yang berada didesa Semongan semakin memprihatinkan dikalangan masyarakat yang ada didesa Semongan tersebut.

Kedua warga Noyan tersebut mengetahui persis apa yang terjadi didesa Semongan belakangan ini. Selanjutnya penyelewengan Dana Desa itu,di ketahui awal anggaran pada tahun 2019 dengan kisaran 2 miliar lebih.

“Hanya saja kami disamping itu masih meragukan kembali tentang pembangunan yang ada disana bisa dibilang rata- rata tidak sesuai dengan banyaknya uang negara yang masuk ke Desa semongan tersebut.”Karena dilihat dari sekian banyaknya pembangunan itu sama sekali tidak dapat menunjukan besarnya pengeluaran anggaran yang semestinya di perlukan dalam membangun pembangunan yang ada didesa itu,” ungkap MKS kepada media ini pada Sabtu (23/01/2021).

Menurut MKS sejauh ini pihaknya sangat membenarkan dan mau bertanggung jawab atas laporan penyelewengan Dana Desa tersebut, atas dasar ini pihaknya mengetahui dari warga langsung yang mengerjakan proyek- proyek di desa tersebut.

“Kemudian untuk laporan yang kami buat pertama kali masuk ke Kacabjari Entikong pada tanggal 26 Desember 2019, kemudian kami melanjutkan kembali untuk memasukan laporan itu kepada Kacabjari Entikong pada tanggal 6 Januari 2020, sesuai dengan keinginan Kacabjari Entikong dengan semua bukti-bukti yang kami ambil,” tambah MKS.

Oleh karena hal ini MKS mengatakan sudah cukup lama dan juga sudah mencapai 1 tahun berlalu, diawali pihaknya melaporkan hal ini dan sampai saat ini pihaknya belum juga menemukan pengembangan yang signifikan.

“Keinginan kami sebagai wakil atau orang yang mewakili dari masyarakat dan juga masyarakat yang kami temui disana,mengatakan”bahwa kalo bisa di tindak lanjuti secepatnya masuk keranah hukum sebagaimana mestinya hukum yang berlaku di negara kita ini,” harapnya.

Meninjaklanjuti atas permintaan masyarakat Desa Semongan, maka pihaknya dari Forum Wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat Kalimantan Barat, telah mengonfirmasikan hal itu ke Kacabjari entikong Rudi Astanto,SH pada Kamis 21 Januari 2021.

Dan saat itu juga Rudi Astanto,SH mengatakan bahwa kasus kepala Desa semongan masih dalam penyidikan dan masih menghitung bukti kerugian negara, dan kasus ini secepatnya segera diselesaikan.

“Selaku Kacabjari Entikong saya berjanji akan memberitahukan hal ini kepada Forum Wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat Kalbar, seandainya kasus ini meningkat dalam penuntutan menjadi tersangka. Dan pada kesempatan itu, saya juga meminta kepada Forum Wartawan dan LSM Kalbar,untuk mengawal kasus ini sampai meja hijau,” pungkasnya. (F. Manurung)