Untuk Melancarkan Giat Tahunan Musrenbangcam 2021, Kecamatan Rogojampi Laksanakan Pra Musrenbangcam.

BANYUWANGI, Centralberita.id _ Kecamatan Rogojampi melaksanakan kegiatan Pra Musrenbangcam 2021 hari ini, Giat yang di mulai sejak Pukul 09.00 WIB, ini berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan bersama.
Selanjutnya giat ini adalah berisi usulan atau program yang sudah disepakati pada saat Musrenbangdeskel beberapa waktu yang lalu dan
dilanjutkan ke Kegiatan Pra Musrenbang Kecamatan untuk anggaran 2021 Selasa (26/01/21).

Kegiatan Pra Musrenbang Kecamatan Rogojampi ini dilaksanakan dengan Tertib dan kondusif, adapun acara tersebut di hadiri Oleh Camat Rogojampi Nanik Machrufi, Kepala Desa Se Kecamatan Rogojampi, Kasi Kecamatan, Tiga Pilar, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Korsda Pengairan Rogojampi, Beberapa Kepala sekolah, kepala puskesmas dan lain – lain.

Camat Rogojampi Nanik Machrufi, selaku Tuan Rumah Acara Pra Musrenbang Kecamatan membuka acara dan memberikan sambutan kepada para peserta Undangan, beliau menyampaikan terima kasih kepada seluruh undangan sekaligus menyampaikan menjelaskan pengertian Musrenbang, tujuan, dan manfaatnya

Beliau menyampaikan bahwa musrenbang Kecamatan adalah forum komunikasi tahunan antar pemangku kepentingan untuk mendapatkan masukan mengenai progam prioritas pembangunan di wilayah kecamatan tersebut, yang didasarkan dari hasil Musrenbang Desa Kelurahan, dalam rangka mensukseskan pembangunan di sebuah wilayah, juga sebagai ajang silaturahmi, dan menampung aspirasi/ usulan masyarakat untuk disepakati dan menjadi program pemerintah di tahun berikutnya. Adapun usulan tersebut disampaikan di acara Musrenbang yang disampaikan oleh Para perwakilan – perwakilan.

Tujuan musrenbang melahirkan perencanaan dan porgram yang dibutuhkan masyarakat, menampung usulan dan menetapkan prioritas usulan yang dibutuhkan masyarakat, menyepakati usulan prioritas, meningkatkan kualitas berdasarkan kajian, meningkatkan peran aktif masyarakat dalam mengawal program yang sudah diusulkan dan disepakati.

Manfaat Musrenbang Memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk memberikan ide gagasan dalam rangka memajukan wilayah, setiap masyarakat berhak mengemukakakn pendapat lewat musyawarah Pra Musrenbang, sebagai proses membuat kebijakan yang melibatkan masyarakat secara langsung tatap muka,

Camat Rogojampi Nanik Machrufi Saat Berpidato

Kecamatan Rogojampi yang terdiri dari 10 desa yaitu, Desa Rogojampi, Desa Gitik, Desa Karangbendo, Desa Pengatigan, Desa Kedaleman, Desa Lemahbangdewo, Desa Gladag, Desa Bubuk, Desa Mangir, dan Desa Aliyan, sudah menyepakati usulan prioritas di desa masing – masing, ratusan usulan/ program telah di input. Dalam acara PraMusrenbangcam tidak lagi musyawarah secara menyeluruh tapi terperinci karena prioritas usulan sudah disepakati dalam acara Musrenbangdeskel beberapa waktu yang lalu.

Di tengah – tengah kesibukannya Camat Rogojampi ini berbincang dengan Media Centralberita.id, dan Nanik pun mengungkapkan bahwa,

” Harapan dari Kegiatan Pra Musrenbang Kecamatan ini adalah semoga semua usulan yang telah disepakati sebelumnya dapat tercapai tanpa ada kendala dan hambatan sehingga dapat dirasakan oleh masyarakat di seluruh Kecamatan Rogojampi secara merata, walaupun nantinya ada pengurangan 10 % dari anggaran yang ada untuk Covid 19, ” jelas Nanik dengan tegas. (Oni)