Hampir Tenggelam Di Selat Bali, 10 Nelayan Bengkak Berhasil Di Evakuasi.

BANYUWANGI, Centralberita.id _ Beruntung, itulah yang terjadi pada 10 orang nelayan asal Desa Bengkak, Kecamatan Wongsorejo, nyaris tenggelam di sekitar Pulau Tabuhan, wilayah Selat Bali. Insiden itu diakibatkan perahu yang ditumpanginya terbalik.

Sebelumnya, petugas gabungan Basarnas, Satpolair Polresta Banyuwangi, dan Relawan Rapi sedang melakukan operasi pencairan terhadap seorang nelayan yang hilang di perairan Selat Bali pula.

Akhirnya, 10 nelayan yang terkatung-katung di lautan itu dievakuasi petugas. Proses evakuasi korban sempat berlangsung lama, lantaran petugas harus menaikkan satu persatu korban ke atas kapal SAR.

Selain karena cuaca buruk, kecelakaan laut di perairan Selat Bali ini juga diduga akibat kapal over kapasitas penumpang. Kapal yang seharusnya hanya boleh ditumpangi lima orang ini malah mengangkut 10 orang nelayan. Akibatnya, perahu yang kelebihan muatan ini mudah kemasukan air saat gelombang tinggi menghantanya.

“Kami dari RAPI, Basarnas dan Satpol Air Polresta Banyuwangi saat ini sedang mengevakuasi korban nelayan lain yang perahunya terbalik. Perahunya hampir saja tenggelam karena over kapasitas,” kata Rujul Ulum, salah satu relawan RAPI saat di tengah laut, Senin (1/2/2021).

Setelah ter-evakuasi ke atas kapal petugas, semua korban selamat langsung dibawa menuju daratan di perairan Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo.

Pihak kepolisian menyayangkan para nelayan yang nyaris saja kehilangan nyawanya ini tak mengenakan life jacket saat pergi melaut. Terlebih saat ini cuaca perairan di Selat Bali sedang tak bersahabat.

“Dalam operasi SAR pencarian satu nelayan hilang, kami menemukan musibah laut lainnya di kawasan Pulau Tabuhan. Kejadian kami ketahui saat kami istirahat di Pulau Tabuhan. Alhamdulillah, meski perahunya hampir saja tenggelam, seluruh nelayan selamat dan sudah kami evakuasi,” kata Kompol Jeni Al Jauza, Kasat Pol Air Polresta Banyuwangi

“Laporan lain yang bisa kami sampaikan. Satu nelayan yang sempat dinyatakan hilang bernama Chaerul Anam warga Dusun Paras Putih juga sudah ditemukan selamat. Operasi SAR kami hentikan,” pungkas Kasat Pol Air Polresta Banyuwangi didampingi Koordinator Pos Basarnas Banyuwangi, Wahyu Setia Budi. (Oni/ Rhm)