Peresmian Gereja Katolik Stasi Maja Permai Paroki Kuala Dua Oleh Wakil Bupati Sanggau

SANGGAU (Kalbar), Centralberita.id Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si, menghadiri peresmian dan pemberkatan Gereja Katolik Maria Assumta Stasi Maja Permai, Dusun Maja Permai Desa Kelompu Paroki Kuala Dua, Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau pada Minggu pagi (07/02/2021).

Rombongan Wakil Bupati Sanggau dan Uskup Sanggau, Mgr Yulius Mencucini disambut dengan upacara adat oleh masyarakat setempat.

Hadir pada kegiatan peresmian, Camat Kembayan Inosensius Nono anggota DPRD Sanggau, Yuvenalis Krismono, Asisten 1 Bupati Yakobus, Kasat Pol PP Victorianus, Plt Kadis Hanpang Hortikulturikan Kubin, Para Pastor Para Suster, tokoh masyarakat, Para umat dan tamu undangan lainnya.

Peresmian ditandai dengan pembukaan tirai nama gereja oleh Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si dan pengguntingan pita oleh Ketua GOW Kabupaten Sanggau Ny. Yohana Kusbariah Ontot dan selanjutnya dilaksanakan penandatanganan prasasti oleh Wakil Bupati Sanggau dan Uskup Sanggau, serta kemudian dilaksanakan pemberkatan luar dan dalam gereja dilakukan oleh Uskup Sanggau.

Ketua pembangunan gereja Katolik Maria Asumta Stasi Maja Permai Antonius Hatta melaporkan bahwa pembangunan gereja dimulai sejak 27 Juni 2018 dengan luas bangun 21× 8 meter persegi dengan menelan biaya sebesar Rp. 285.472.000,-.

Adapun sumber biaya tersebut dihimpun dari Donasi umat Stasi Maja permai, dana hibah pemerintah daerah Kabupaten Sanggau, Bantuan dari pemerintah Desa Kelompu, bantuan dana dari Paroki Kuala Dua, Bantuan dari Stasi Kelompu dan para Donatur.

Uskup Sanggau Mgr Yulius Mencuccini, CP dalam sambutannya mengatakan beberapa hal tentang peresmian Gereja tersebut.

“Gereja ini merupakan gereja yang ke 992 diberkatinya semenjak menjadi Uskup Sanggau, Gereja ini dibangun atas dasar iman dan bukti cinta umat kepada Allah penciptanya, oleh karena itu berkumpulah dan berdoalah maka Tuhan hadir,” ujar Uskup Sanggau.

Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah daerah bersama para pemimpin agama yang ada, terus melakukan pembinaan kepada setiap umat beragama yang ada di Kabupaten Sanggau dalam mewujudkan Sanggau Budiman yaitu Berbudaya dan Beriman.

“Untuk mendorong hal itu, pemerintah daerah telah menganggarkan untuk bantuan kepada umat dalam pembangunan sarana ibadahnya, namun swadaya masyarakat/umat sangatlah diperlukan sebagai bukti kesungguhan dan kekompakan umat tersebut,” kata Wakil Bupati Sanggau.

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Sanggau berharap agar orang tua semangat menyekolahkan anaknya, mempersiapkan masa depan mereka agar lebih baik, berguna dan menjadi kebanggaan bagi keluarga, daerah maupun bangsa.

“Peresmian Gereja Katolik Stasi Maja Permai hari ini, tentu mengikuti prokes Pemerintah, mari kita tetap mematuhi prokes dan jangan bosan-bosan menggunakan masker, mencuci tangan, dan jaga jarak demi kesehatan kita bersama,” ujar Wakil Bupati Sanggau.

Wakil Bupati Sanggau menambahkan terkait gereja yang sudah diresmikan, kepada umat agar umat tetap memelihara dan menjaga kebersihan bangunan tersebut.

“Rajinlah berdoa dan manfaatkan dengan kegiatan-kegiatan kerohanian. Selamat kepada umat Stasi Maja semoga iman masyarakat semakin bertumbuh,” pungkas Wakil Bupati Sanggau. (FM/CBH)