Gagalkan Penyelundupan Narkotika di Lapas Kelas II A Banyuwangi.

BANYUWANGI, Centralberita.id _ Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Banyuwangi Kamis (11/02/21), Kurang lebih Pukul 15.00 WIB bertempat di area depan pintu utama Lapas Kelas IIA Banyuwangi telah dilaksanakan penggagalan percobaan penyelundupan barang terlarang diduga narkotika jenis sabu dari orang tidak dikenal dalam titipan makanan kepada WBP asimilasi pertanian luar.

Awal terjadinya sekitar pukul 15.00 WIB Petugas P2U Lapas Kelas IIA Banyuwangi melakukan penggeledahan rutin WBP asimilasi luar setelah aktifitas bekerja di area luar lapas. Kejadian bermula saat 4 orang WBP asimilasi pertanian termasuk WBP an Edi Kuswanto( beralamat Kecamatan pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi dengan perkara tindak pidana perlindungan anak, lama pidana 10 tahun ) kembali kedalam lapas setelah selesai bekerja pertanian diluar area Lapas, pada saat di depan pintu utama WBP Edi Kuswanto lari melihat petugas Ahmad Solihin (Kasi Admin Kamtib) di depan pintu utama, karena curiga Ahmad Solihin di bantu staf KPLP dan staf Kamtib dengan sigap mengejar WBP Asimilasi Edi, saat di lakukan penggejaran WBP asimilasi tersebut membuang benda yang di duga narkotika jenis sabu di tempat sampah dekat area lokasi parkir sepeda motor pengunjung Lapas Banyuwangi.

 

Dari hasil pemeriksaan petugas menemukan barang yang dicurigai/diduga Narkotika jenis sabu yang dibungkus isolasi berwarna hitam.

Selanjutnya Kasi Admin Kamtib dan Ka KPLP melaporkan hal tersebut kepada Kalapas II A Banyuwangi.

Ka. KPLP dan Kasi Admin Kamtib melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap WBP asimilasi an Edi Kuswanto dan barang bawaan yang diduga terdapat narkotika jenis sabu tersebut yang akan ditujukan kepada WBP an. Gangsar Hadi Prayitno (yang beralamat di Kelurahan Sumberejo, Kabupaten Banyuwangi dengan perkara kepemilikan narkotika, lama pidana 5 tahun)

Dari hasil pemeriksaan lebih lanjut didapatkan 1 (satu) paket kristal putih diduga sabu yang dibungkus isolasi berwarna hitam.

Ka.KPLP melaporkan hasil pemeriksaan sementara kepada Kalapas dan atas arahan Kalapas untuk dikoordinasikan lebih lanjut dengan Sat Narkoba Polresta Banyuwangi.

Tindakan Selanjutnya di lakukan Lapas II A Banyuwangi sebagai berikut :

1. Mengamankan WBP asimilasi yang membawa makanan / titipan tersebut,
2. Mengamankan barang bukti 1 (Satu) handphone warna hitam dan 1 ( satu) paket kristal putih di duga sabu di bungkus isolasi hitam.
3. Melaporkan kejadian tersebut kepada Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Jawa Timur.
4. Menyerahkan tersangka Edi Kuswanto dan Gangsar Hadi Priyatno ke Satnarkoba Polresta Banyuwangi yang dipimpin langsung oleh Kasat Narkoba.

Sekarang 2 tersangka di amankan di Satnarkoba Polresta Banyuwangi untuk di proses hukum selanjutnya.

Dengan kejadian ini diharapkan semua petugas Lapas Kelas IIA Banyuwangi lebih memperketat pemeriksaan dan pengawasan terhadap barang dan orang yang masuk ke dalam lapas. (Oni)