Dandim 0825 Mengikuti Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2021

BANYUWANGI, Centralberita.id _ Bertempat di Posko Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 jalan Ahmad Yani Kelurahan Tukangkayu Kecamatan Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P Dandim 0825/Banyuwangi mengikuti kegiatan rakornas penanggulangan Bencana tahun 2021 dengan tema tangguh hadapi bencana yang dibuka oleh Joko Widodo Presiden Republik Indonesia.

Sambutan Letjen TNI Doni Monardo Kepala BNPB menyampaikan untuk selalu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bencana tidak bisa diatasi sendiri harus diatasi bersama-sama. Mempertahankan yang sudah baik dan meneruskan penanganan Covid-19.

Sambutan Joko Widodo Presiden Republik Indonesia menyampaikan,
” Dalam satu tahun ini kita sudah diberi cobaan yang luar biasa, yaitu Covid-19 dan bencana alam. Maka kita harus bekerja keras dan inovatif dengan negara-negara lain. Saya ucapakan terimaksih yang sebesar-besarnya kepada anggota TNI dan BNPB yang telah melaksanakan kegiatan operasi yustisi pendisiplinan protokol kesehatan, ” ujarnya.

” Indonesia adalah masuk 35 negara yang rawan bencana dan kita masuk rangking tertinggi. Kunci utama adalah aspek pencegahan yang jangan terlambat. Kita harus antisipasi dengan baik dan detail, maka kebijakan daerah harus sensitif sehingga tidak boleh saling menyalahkan, ” tutur orang nomer satu di Indonesia.

” Saya tekankan beberapa,”Kita jangan disibukkan dengan perencanaan tetapi yang terpenting penanganan sehingga korban dapat diminimalisir. Kebijakan mengurangi bencana harus benar-benar terintegrasi, tidak boleh ada ego ekstoral dan ego daerah. Menegemen rehabilitasi dan rekonstruksi harus cepat, kecepatan respon harus ditingkatkan, kecepatan adalah mengurangi korban serta memberikan edukasi sampai yang paling terkecil yaitu keluarga, ” pungkas Presiden. (Oni/ Pendim 0825)