Waspada !!! Aliran Sungai Kedung Tuno, Desa Gladag Meluap.

BANYUWANGI, Centralberita.id _ Musim hujan belum juga berakhir, hampir semua wilayah di Kabupaten Banyuwangi setiap harinya di guyur hujan. Bahkan beberapa wilayah yang ada di Banyuwangi sempat di aliran sungainya mengalami peluapan signifikan.

Seperti sore ini, Kamis (11/03/21) di Aliran Sungai Kedung Tuno mengalami Volume yang luar bisa tidak seperti hari – sebelumnya.
Perlu di Ketahui, sebelumnya beberapa tahun yang lalu, Aliran Sungai Kedung Tuno sempat mengalami peluapan yang sampai Meluber ke jalan raya, masuk kerumah – rumah warga, bahkan bangunan Masjid Baiturohim yang tepat berada di tepi sungai ambrol.

Dengan adanya hal tersebut, warga yang berada di tepi Aliran Sungai Kesung Tuno selalu Siaga.
Di antara beberapa warga yang sempat kami temui untuk berbincang bersama ‘Team Jejak Sang Jurnalis’ di sore itu. Samawati salah satu warga yang memiliki rumah di dekat Aliran Sungai, dia menjelaskan bahwa,
” Warga di sini sejak awal musim hujan kemarin sudah antisipasi dan siaga, karena mengingat Desa Gladag beberapa waktu yang lalu pernah kebanjiran, jadi kami memang sudah antisipasi, seperti kerja bakti sampah di tepi – tepi sungai, membersihkan got – got, dan yang lainnya, ” terang Mak Bro biasa di panggil.

Tidak itu saja, Suharto yang juga pada saat itu berada di tepi sungai menyatakan, bahwa masyarakat Desa Gladag sedikit trauma dengan adanya banjir beberapa tahun yang lalu.
” Warga Desa Gladag ini masih ada rasa trauma, terbukti sejak awal musim hujan kemarin seluruh warga sigap tanpa ada yang menyuruh, antisipasi bajir kiriman, hal ini dapat kami lihat dari warga yang selalu bekerja bakti dan selalu bersih – Bersih, ” ungkap Suharto dengan tegas.

Harapan Masyarakat Desa Gladag di musim hujan semoga tidak terjadi apa – apa dan tetap Aman kondusif. (Jejak Sang Jurnalis Bromocorah87BWI)