Harga Cabai Rawit Meroket, Di Banyuwangi Ada Cabai Rawit ‘Di Cat’

BANYUWANGI, Centralberita.id _ Yang lagi Viral saat ini dunia jagat maya di Banyuwangi, Jawa Timur digegerkan dengan adanya video cabai rawit yang diduga sengaja diwarna menggunakan cat. Sontak, hal tersebut membuat masyarakat resah, dan tambah waspada.Minggu (21/3/2021).

Kali ini video itu diunggah oleh pemilik akun Facebook Agung Emfet Putra Blambangan yang diketahui merupakan warga Desa Karetan, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi.

Video yang sudah diunggah beberapa hari lalu ini semakin viral setelah dibagikan sebanyak ribuan kali hingga mendapatkan beragam komentar dari sejumlah pengguna media sosial.

” Delok’ en to mak’ e masak. Masak iki yo wes diresik’i kabeh. Lombok iki warnane koyok cat lho Mas, reneo Mas lek ora percoyo. (Coba dilihat ini ibuk lagi masak. Masak ya sudah dibersihkan semua. Cabai ini warnanya seperti cat lho Mas. Kesini Mas kalau tidak percaya, red), ” kata seorang wanita yang seakan memanggil suaminya di salah satu potongan video viral tersebut.

Dengan adanya temuan ini, si pengunggah video sengaja membagikan pengalaman buruknya agar masyarakat di Bumi Blambangan tersebut lebih mewaspadai maraknya peredaran cabai yang sengaja dicat ditengah mahalnya harga cabai di pasaran.

” Dodolan lombok yo dodolan lombok wong. Ojo dodolan cat. Iki lak dibadog menungso yo iso mateni uwong iki. Larang-larango masio wong ndeso yo wani tuku. Lha lak badogan ngene iki opo yo lumrah? (Jualan cabai ya jualan cabai, jangan jualan cat. Ini kalau di makan manusia sama saja membunuh manusia. Meski cabai mahal, orang desa tetap berani beli. Lha kalau makanannya begini apa ya pantas ?, ” keluh si pemilik akun Agung Emfet Putra Blambangan dalam videonya.

Pada potongan video lainnya, Agung berpesan agar masyarakat lebih teliti dalam membeli cabai rawit lantaran jika dipandang sekilas, warna cabai ini sangat mirip dengan aslinya.

” Ati-ati tenan kanggo dulur-dulur kabeh, konco-konco kabeh sing tuku lombok, lek ngumbah sing tenanan. Delok’en iki lho, cat orange warna lombok iki lho. Sak larang-larange lombok yo sing lumrah lek dodolan. Iki atene mateni menungso ngene iki. (Hati-hati saudara-saudaraku semua, teman-teman semua yang beli cabai, kalau mencuci yang teliti. Ayo dilihat ini lho, cat orange warna cabai ini lho. Semahal-mahalnya cabai ya yang sewajarnya kalau jualan. Ini mau membunuh manusia kalau begini, ” tambah Agung dalam potongan video lainnya. (Oni/ Rhm)