210 KPM BLT DD Tahun 2021 Tahap 1, Telah Di Salurkan Oleh Pemdes Balai Karangan

SANGGAU KALBAR, Centralberita.id _ Mengacu pada permendes no 6 tahun 2020, Desa Balaikarangan tengah melaksanakan kegiatan launching perdana penyaluran BLT tahap pertama.Kegiatan penyaluran BLT- DD Tahun Anggaraan 2021, kegiatan tersebut dilaksanakan langsung diaula kantor Desa Balaikarangan Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau Kalimantan barat. Senin 22 Maret 2020.

Selanjutnya,adapun kegiatan itu di hadiri oleh Perwakilan Camat Sekayam Abdul sip.S.sos,Kapolsek Sekayam yg diwakili Bhabinkamtibmas Meryansyah,perwakilan Danramil Sekayam Kapten Duloh,Babinsa Suwardi,Kades Erzan Umar,Ketua BPD haji adeli dan wakil BPD Asmadi beserta perangkat desa balaikarangan tepatnya.

Sebelumnya pada bulan Januari untuk penerima BLT- DD khususnya di Desa balai karangan, dan untuk saat ini juga akan di salurkan di 2 wilayah yakni wilayah Balai 1 dan balai 2. Kemudiaan untuk penyaluran BLT- DD dibagi 3 zona,yakni senin 22 maret 2021 ini, khusus penerima diwilayah balai 1 dan balai 2, dengan jumlah 64 KPM dan giliran keesokan harinya pada 23 Maret 2021 balai 3 dan dusun paus.

Selanjutnya akan diterus pada hari terakhir khusus untuk wilayah balai karangan 4,yakni bakai 1 dan bakai 2.Maksud dan tujuan kenapa zona ini bagikan,itu menunjukan karena dimana saat ini adalah adalah musim pandemik covid-19, jadi memang sudah seharusnya masyarakat sedikit banyak harus mematuhi protokol kesehatan sehingga warga atau sanak saudara yang hadir serta menerima bantuan ini dengan jumlah 210 KPM.

 

Hal ini juga tidak begitu diharapkan berkumpul beramai-ramai, jadi ini adalah suatu inisiatif bersama- sama dengan ketua DPD hingga dapat membagi waktu nya dan untuk tidak terlalu ramai berkumpul saat itu.Kemudian sesuai dengan peraturan pemerintah penyaluran BLT- DD pertama ini dilakukan di tahun 2021,yang mana masing- masing orang mendapatkan total RP 300.000 per orangnya.Sehingga jumlah dari penerima BLT- DD dari tahun ini 210 KPM,namun ada tambahan dari tahun sebelumnya sejumlah 166 KPM ,itu dikarenakan ini merupakan ada intruksi dari pemerintah pusat.

Semoga dengan adanya BLT- DD ini dapat sedikit membantu dalam perekonomian masyarakat ini dan kiranya membantu situasi kondisi kesusahan masyarakat, di tengah pandemi ini yang tengah melanda negara kita terutama di Desa balai karangan tepatnya.Dan juga bagi warga desa yg tentunya belum dapat sekarang saatnya menerima kembali BLT- DD dengan layaknya.

Sesuai dengan aturan dari pemerintah ada kategori yang boleh menerima, oleh karena itu dari jumlah penduduk ini lebih terdapat dari 700 KK,dan lebih dari 700 KK di balai karangan hampir 800 KK kalau jiwanya mencapai 13000 jiwa.

Jadi ada kategori nya jadi dimulai dari tahapan pemutakhiran ,verifikasi validasi, terus rapat musyawarah antara pemerintah Desa dan BPD menetapkan penerima bantuan ini, dan kini kemarin di dalam rapat juga tidak serta merta yang dari 210 total daripada penerimaan ini tidak semata sepenuhnya bisa dapat di tahun ini bagi penerima manfaat ,maksudnya tidak serta merta 210 yang telah menerima hari ini tidak sejatinya penerima sepenuh itu semuanya.

Untuk itu pada 6 bulan kemudian hal ini akan evaluasi kembali.Mengingat ada kemungkinan terjadi bisa saja ada yang pindah, ada yang meninggal dunia, terus kemungkinan ada yang telah diberikan oleh Allah rezeki lainya. Sehingga pada 6 bulan kemudian berikutnya, bersama BPD nanti rapat akan mengadakan rapat untuk memverifikasi ulang yang ada.

Semoga saja pandemi covid-19 ini segera berlalu,dan sehingga ekonomi masyarakat ini dapat segera pulih kembali. Dan lebih jelasnya,
” kita tidak juga terlalu memikirkan kondisi masyarakat ini kembali ,dan mudah-mudahan ini cepat berlalu mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, ” Tutur Erzan Umar Kades Balai-karangan. ( Fernando M)