Tingkatkan Pendapatan Negara Bukan Pajak,Kantor Imigrasi Kelas II Sanggau Lakukan Layanan Eazy Passport

SANGGAU KALBAR, Centralberita.id _ Dimasa Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi tidak hanya di Indonesia bahkan di berbagi belahan dunia juga turut merasakan dampaknya,bahkan dampak tersebut melanda kepada kesemua sektor diantaranya pada Kementrian Hukum dan Hak Asasi manusia di bagian Imigrasi yang mana saat ini,terlihat dari terdampak kepada bidang pelayanan dan (PNBP) Pendapatan Negara Bukan Pajak,tentunya di bidang pasport juga turut menurun.

Seperti yang telah di sampaikan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau melalui Kasi ( TIKKIM)Teknologi Informasi dan Komunikasi Candra Wahyu Hidayat mengakui bahwa untuk PNPB di masa Pandemi Covid-19 ini turun secara drastis.

Selanjutnya,dimana Seperti diketahui di bulan februari 2021 kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau hanya menerima Paspor Baru 4 dan Paspor penggantian 21. Untuk menyikapi Haltersebut di akui oleh Kasi Tikim Imigrasi kabupaten Sanggau bahwa pihaknya di masa pandemi rutin melaksanakan kegiatan sosialisasi dan banyak mengunakan sistem jemput bola dengan melaksanakan Layanan Eazy Passport.

” jadi berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi Nomor : IMI-1060. GR.01.01 TAHUN 2020 TENTANG LAYANAN EAZY PASSPORT, Kantor Imigrasi melaksanakan Layanan Eazy Passport yaitu pelayanan paspor yang dilaksanakan di luar kantor dan menuju lokasi pemohon”Ujar Candra Kasi TIKKIM imigrasi Kabupaten Sanggau.Pada Jumat (26/3/21)

Kasi TIKKIM menambahkan bahwa diterbitkannya surat edaran ini adalah sebagai pedoman bagi satuan kerja Keimigrasian dalam pelaksanaan Layanan Eazy Passport.

” Oleh Karena itu,Tujuan diterbitkannya surat edaran ini adalah memberikan petunjuk bagi satuan kerja Keimigrasian mengenai pelaksanaan Layanan Eazy Passport dalam rangka peningkatan jumlah penerbitan paspor dan penerimaan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), ” Paparnya.

Namun di jelaskan kembali oleh Kasi tikim bahwa untuk pelaksanaan Layanan Eazy Passport tersebut tentunya mempunyai syarat dan kriteria tertentu.

” Ketentuan dan prosedur pemberian layanan paspor dalam pelaksanaan Layanan Eaze Passport adalah sebagai berikut,pertama-tama
Layanan Eazy Passport melayani minimal 50 (lima puluh) permohonan per hari,dan kedua keluarga dari para pegawai di lingkungan Perkantoran Pemerintah/TNI/POLRI/ BUMN/BUMD/Swasta dan institusi pendidikan dapat diberikan pelayanan paspor, dalam pelaksanaan Layanan Eazy Passport, ” jelasnya.

” Layanan Eazy Passport hanya melayani pembuatan paspor baru dan penggantian paspor karena habis masa berlaku dan halaman penuh.Terakhir tidak melayani penggantian paspor karena hilang atau rusak, ” Tambahnya.

Dalam pelayanannya Kanim Sanggau memberikan 3 (tiga) pilihan layanan Paspor RI yakni, layanan di Kantor Imigrasi, layanan di (MPP) Mal Pelayanan Publik, dan layanan Eazy Passport.
Untuk layanan Eazy Passport merupakan layanan
kolektif jemput bola ke instansi pemerintahan, swasta, komunitas dan masyarakat dengan syarat miniamal 30 pemohon dalam sekali pelaksanaan. (Fernando Manurung)