Polisi Banyuwangi Sterilisasi Gereja Jelang Paskah

BANYUWANGI, Centralberita.id _ Memperkuat keamanan menjelang perayaan Paskah 2021, Polisi Banyuwangi melakukan sterilisasi seluruh gereja. Hal tersebut guna memastikan keamanan upaya antisipasi ancaman teror menyusul aksi bom bunuh diri di Gereja Katedral Makasar, beberapa hari yang lalu.

Sterilisasi menyasar setiap sudut bangunan gereja. Mulai dari altar, panti imam, ruang umat, serambi, dan bagian luar gereja. Pemeriksaan menggunakan metal detector, hingga melibatkan anjing pelacak.

” Sterilisasi yang menyasar ke seluruh bangunan gereja, guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat yang akan melaksanakan perayaan Paskah 2021, ” kata Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin usai memantau keaman di Gereja Katolik Maria Ratu Damai Banyuwangi, Kamis (1/4/21) malam.

Dalam pengamanan ini, Polri bersinergi dengan TNI, Banser, organisasi keagamaan, tokoh masyarakat, hingga tokoh pemuda dilibatkan.

” Ini merupakan komitmen yang dibangun Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Banyuwangi, bahwasannya setiap ada kegiatan keagamaan akan melibatkan berbagai unsur untuk pengamanan kegiatan dan menciptakan situasi Kamtibmas, ” jelasnya.

Perlu diketahui, dalam pengamanan ini, Polresta Banyuwangi menerjunkan 350 personel. Masing-masing gereja akan dijaga oleh 10 personel Polri, serta dibackup personel TNI. (Oni/ Rhm)

Tinggalkan Balasan