H. Nurhayat Angkat Bicara, Proyek Di Labanasem Prsoalan Personal

BANYUWANGI, Centralberita.id _ H. Nur Hayat, S.H, Ketua Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (Posbakumadin) Banyuwangi secara tegas menyatakan bahwa persoalan yang saat ini dihadapi oleh Irwanto dengan beberapa rekan wartawan merupakan permasalahan pribadi, Selasa (6/4/21).

Untuk diketahui,nama Irwanto dan Posbakumadin sendiri mencuat pada beberapa hari terakhir.

Hal itu dipicu akibat pengerjaan proyek rehabilitasi saluran irigasi di Desa Labanasem, Kecamatan Kabat, Banyuwangi yang diduga keluar dari koridor regulasi pengadaan barang dan jasa.

” Apa yang saat ini sedang dihadapi oleh saudara Irwan merupakan persoalan pribadi,tidak ada sangkut pautnya dengan Posbakumadin, ” tegas Nur Hayat.

Namun, Nurhayat membenarkan jika sebelum mencuat di beberapa media online, Irwanto sempat meminta saran darinya.

” Jadi sebelum persoalan itu mencuat di pemberitaan online, saudara irwan ini memang sempat menghubungi saya untuk meminta saran, saat itu saya menyarankan agar persoalan tersebut dapat diselesaikan secara kekeluargaan, ” imbuhnya.

Diakui Nurhayat, pihaknya mengembalikan sepenuhnya keputusan kepada Irwanto yang bermaksud hendak menempuh upaya hukum atas apa yang dialami.

” Saat itu Irwan ini mengaku akan menempuh upaya hukum, menanggapi hal itu saya memang mempersilahkan, karena kan sudah jelas aturannya bahwa setiap orang mempunyai hak yang sama dihadapan hukum, namun yang perlu saya tekankan disini ialah upaya hukum tersebut merupakan inisiatif dari Irwanto sendiri, bukan mengatasnamakan Posbakumadin, ” urainya.

Sementara itu, menanggapi pemberitaan yang mencatut nama Posbakumadin, Nurhayat berharap agar wartawan dapat melakukan konfirmasi terlebih dahulu terhadap pihaknya, hal itu menurutnya sesuai dengan kode etik jurnalistik.

” Kami terbuka kok, agar tidak terjadi kesalapahaman yang terus berlarut, saya berharap agar rekan – rekan wartawan meminta statement dari saya, agar pemberitaan tersebut berimbang dan sesuai dengan kode etik jurnalistik, ” pungkasnya. (Oni/ Team)

Tinggalkan Balasan