Berhasil Di gagalkan, Penyelundupan Narkoba Jenis Sabu Di Lapas Kelas II A Banyuwangi

BANYUWANGI, Centralberita.id _ Tepatnya Kemarin, Minggu (25/04/21) sekitar kurang lebih Pukul 15.00 WIB, Team Intelegen Satopspatnal melakukan Giat Penangkapan barang yang di duga Narkotika jenis sabu.

Giat ini berhasil di endus tepatnya di Kamar G 10. Dalam kamar tersebut di temukan 20 Paket plastik kecil yang di duga Narkotika jenis sabu – sabu yang ternyata milik Ahmad Jumanto dari Kecamatan Muncar yang tersandung kasus Narkoyika dalam hukuma 4 Tahun lamanya.

Kronologi kejadian yang di awali pada tanggal 24/04/21 WBP Krisna Giri Purnama yang tidak lain adalah teman sekamar Ahmad Jumanto menghubungi mantan WBP Lapas Banyuwangi Moh Nurhalim yang beramatkan Bangorejo via Hp milik Ahmad Jumanto. WPB Krisna meminta tolong masyarakat luar an. Muh Nurhalim untuk mengantarkan paket sabu yang di beli oleh Ahmad Jumanto dari Budi Alamat Bondowoso. Barang tersebut dilakukan transaksi dengan cara dilakukan peranjauan di Kedung Rejo Kecamatan Muncar sekita pukul 20.00 WIB

Pada tanggal 25 April 2021 pukul 00.00 WIB, WBP Krisna menghubungi Moh Nurhalim via Hp milik Ahmad Jumanto untuk mengantarkan barang tersebut ke Lapas. Pada pukul 02.00 WIB Moh Nurhalim melakukan pelemparan bola tenis berisikan Narkotika jenis sabu melalui tembok luar Lapas Banyuwangi sebelah selatan.

Pada pukul 06.00 WBP Budi Hariono beralamatkan Muncar mencari bola tenis tersebut yang ternyata di temukan di saluran air depan kamar hunian G11, setelah bola tersebut di temukan, WBP Budi menyerahkan bola tersebut kepada WBP Ahmad Jumanto. Sekitar pukul 11.23 WIB Kasi Admin Kamtib Sdr. Ahmad Solihin mendapatkan informasi dari dalam bahwa dini hari ada barang di lempar ke dalam blok hunian

Sementara itu Kasi Admin Kamtib berinisiatif untuk mengecek cctv Lapas dan benar diketemukan WBP Budi Hariono mengambil bola tenis di saluran air depan kamar G.11. Selanjutnya Kasi Admin Kamtib berkoordinasi dengan Ka.KPLP untuk melakukan pemeriksaan terhadap WBP Budi Hariono.

Pada pukul 15.00 WIB Kasi Admin Kamtib dan staf KPLP Sdr.Hadi Waluyo melakukan pemeriksaan terhadap WBP Budi Hariono,pada saat di lakukan pemeriksaan terhadap WBP Budi Hariono didapat informasi bahwa bola tenis tersebut adalah pesanan WBP Ahmad Jumanto dan bola tenis tersebut sudah diberikan kepada WBP Ahmad Jumanto pagi tadi setelah diambil dari saluran air

Kasi Admin Kamtib memberikan petunjuk kepada staf KPLP sdr.Hadi Waluyo untuk melakukan penggeledahan di kamar G.10 dan didapatkan HP Nokia dan barang yg diduga Narkoba jenis sabu sebanyak 20 paket yg di sembunyikan di celana milik WBP Ahmad Jumanto. Selanjutnya Kasi Admin Kamtib melaporkan hal tersebut kepada Kalapas.

Kasi Admin Kamtib melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap WBP Ahmad Jumanto, WBP Krisna Giri Purnama dan WBP Budi Hariono. Setelah di lakukan pemeriksaan ketiga WBP tersebut diamankan di sel C Lapas Banyuwangi. Kasi Admin Kamtib melaporkan hasil pemeriksaan sementara kepada Kalapas dan atas arahan Kalapas untuk dikoordinasikan lebih lanjut dengan Sat Narkoba Polresta Banyuwangi.

Sementara tindak lanjut yang di lakukan pihal Lapas adalah Mengamankan ketiga WBP sebagai terperiksa di ruang isolasi, Melaporkan kejadian tersebut kepada Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Jawa Timur, Berkoordinasi dengan pihak Polresta Banyuwangi, Mengambil dokumentasi kejadian, Menyerahkan ketiga WBP tersebut ke Satnarkoba Polresta Banyuwangi yang dipimpin langsung oleh Kasat Narkoba.

Dengan adanya kejadian ini diharapkan semua petugas Lapas Kelas IIA Banyuwangi lebih memperketat pengawasan seluruh area tembok pembatas Lapas guna menghindari penyelundupan barang-barang terlarang dari luar. (Oni)

Tinggalkan Balasan